Kamis, 24 November 2011

APACHE


Apa itu Apache...???

Kebanyakan orang lebih suka menyebutkan Apache daripada menyebutkan dengan lengkap 'Apache HTTP Server'. Dari namanya, sudah jelas bahwa Apache HTTP Server sebenarnya adalah suatu web server yang berguna untuk melayani dan memfungsikan halaman web dengan menggunakan protokol HTTP.
Apache dapat dijalankan di banyak sistem operasi seperti Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows, dan Novell Netware. Sifatnya yang Open Source dan Free, membuat Apache menjadi lebih populer dan banyak digemari.
Apache dapat diinstall secara mandiri, tetapi banyak juga software yang juga menyediakan Apache sebagai salah satu kelengkapan dalam paket yang ditawarkannya, contohnya adalah software Xampp.
Untuk menjalankan PHP dan MySQL, anda membutuhkan webserver. Webserver, yang juga di kenal dengan istilah HTTPD (Hypertext Transfer Protocol Deamon) atau HTTP server, adalah service yang bekerja untuk melayani request dari HTTP client (web browser) ke computer server.
PHP dan MySQL dapat bekerja sama denga banyak web server. Salah satu web server yang dikenal dan sudah terbukti ketangguhan serta konektifitasnya dengan PHP dan MySQL, adalah Apache.
Seperti halnya PHP dan MySQL, Apache juga dikembangkan oleh komunitas open source di internet. Saat ini Apache merupakan web server yang paling popular. Berdasarkan penelitian netcraft web server survey pada tahun 2002, 63 % website di dunia menggunakan Apache sebagai web server.
Untuk menginstal apache, anda dapat mendownload source terbarunya yang suda stabil dari http://httpd.apache.org/download.cgi.








0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
| computer network | islami